Friday, September 13, 2013

Kematangan Finansial Sebelum Nikah

Siang ini, abis blogwalking seperti biasa...cari-cari topik tentang nikahan..saya ga sengaja mampir ke halamannya mas Adhitya Mulya (www.suamigila.com) dan baca salah satu tulisanya yang berjudul "Persiapan Sebelum Menikah". 
Ulasanya sangat menarik dan sumpah deh, benar-benar memberi pencerahan bagi pasangan yang akan menikah atau bahkan harusnya sudah dibaca sejak kita lulus kuliah jaman dulu-dulu (jadi biar waktu persiapan finansial pernikahanya lebih lama)..buat yang penasaran bisa dibaca di sini yah..


Idenya sangat benar lo menurut saya, ini dia beberapa ide yang diulas bahwa sebelum menikah, masing-masing pasangan harus sudah siap dalam hal-hal seperti ini:
  1. BI checking masing-masing pasangan wajib ga boleh cacat. Soalnya akan berpengaruh buat KPR (nah loo kan ga kepikiran segitunya padahal tiap hari kerjaanku dah ngurusin kredit orang lo *dudul*)  Artinya kalo ada yang ngerasa punya fasilitas macet apapun itu segera lunasi dulu sebelum nikah
  2. Jujur mengenai hutang yang dimiliki, lunasi dulu sebelum nikah, jangan bebanin pasangan
  3. Jujur jumlah tanggungan keluarga yang harus ditanggung
  4. Banyak-banyakin beli emas ketika sudah kerja (yap..saya ga pernah beli emas walaupun dah kerja 3 tahun *dudul lagi*)..soalnya bisa buat tabungan, khususnya bagi pria bisa buat mahar (mau dong..kikik)
  5. Punya rumah sebelum nikah..baik bagi cewek maupun cowok..karena bisa dijual lagi buat beli rumah setelah nikahnya (*yah..ga kepikiran buat beli rumah dari duluuu duluuu *dudullll*)
  6. Nilai tabungan kita sebelum nikah harus positif...minimal 1/2 biaya nikah+1/2 biaya dp rumah+1/2 biaya ngelahirin+6 buln living cost.. (hyakakakkk..beluuuummmm ngitung..nyampe ga yaaa *dudul lagiii)Tuh kan..tips-tipsnya benar-benar bagus buat persiapan nikah..silahkan langsung ke link aslinya ya biar bisa lebih jelas lagi...^^ 


No comments:

Post a Comment